journal of a learner

one effort to write. one effort to be a lifelong learner

Thursday, October 15, 2009

Di Sini atau Di Situ

Kalau di sini, gaji saya bisa tiga kali lipat daripada di situ, naik 50% dari gaji di tempat kini. Kalau di situ, gaji saya akan lebih rendah dari tempat kini. Padahal kan katanya hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Kalau di sini, saya gak usah capek-capek mikirin national-or even international-recognition. They have it, saya tinggal mendompleng saja. Sementara kalau di situ, masih dalam perjalanan untuk memenuhi international standard. Dengan iklim birokrasi di Indonesia, tentu ada bayangan bahwa perjalanan itu akan berdarah-darah.

Kalau di sini, saya bisa pulang ke rumah dan bertemu keluarga saya setiap hari. Bisa mengindrai kehidupan ibukota dengan sifat dinamisnya yang saya suka. Kalau di situ paling tidak sebulan sekali saya baru bisa melihat wajah bunda dan binar mata adinda. Selebihnya saya akan jadi gadis hutan dengan satu-satunya penghubung dengan dunia berupa jaringan internet yang moody.

Di sini, adalah tempat impian saya untuk mengaktualisasikan diri. Pengembangan profesi yang berkesinambungan (sustainable improvement). Tempat berkumpul, bekerja, berdiskusi, menulis, dan hang out segelintir orang yang inspiratif bagi saya. Kalau di situ, hmmm.... not bad. Not bad at all! But it never been my passion.

Tapi di sini, keyakinan saya untuk berpakaian sesuai agama yang dianut akan selalu dipertanyakan, dipandang eksklusif, dipertentangkan, sangat mungkin dilarang. Sementara di situ, keyakinan tersebut sangat dihargai, diteladani, dan dipupuk agar apa yang ada dalam diri sesuai dengan apa yang dipakai.

Lalu, di situ, saya akan bisa mewujudkan cita-cita yang lain. Seperti yang dituturkan Pak Agus Listiyono saat ditanya mengapa keluar dari sekolah nasional plus yang sudah kondang namanya padahal sudah punya jabatan tinggi, "Ingin memajukan sekolah Islam". Dan di situ, sepengetahuan saya adalah sekolah Islam dengan konsep Learning Resouces Center yang benar, sesuai dengan yang saya pelajari di tempat bernama kampus.

Di situ, adalah tempat where smoking are prohibited. Place where there's no traffic jam and we can easily feel fresh winds on our face while speeding on open air vehicle. Gosh, it's heaven! Di situ, do'a saya untuk dapat tinggal di lingkungan yang jauh dari berbagai polusi akan terjawab.

Seperti pagi itu rekan senior saya bertanya via status FB, pilih mana, kerja di perusahaan besar tapi posisi rendah dan tidak sesuai ilmu yang dipelajari atau jadi manajer perusahaan kecil yang berkembang dan sesuai ilmu yang dipelajari? Nah, saya usaikan tulisan ini dengan kalimat cliche but true, hidup adalah pilihan. Jadi mana yang saya pilih ya, di sini atau di situ?

11 Comments:

At 5:36 AM , Blogger endang_setio said...

Dimana pun kita berada... disitulah tempat kita meraih kinerja terbaik hidup ini... insyaAllah amin

 
At 7:34 AM , Blogger Muhammad Setiawan said...

Bekerja tidak semata-mata urusan mencari nafkah. Tapi juga eksistensi diri dan kesegaran batin. Pilih yang nyaman di hati saja ..

 
At 12:56 AM , Anonymous mpokb said...

supaya kerja bisa lancar, hati juga harus nyaman. tapi sepertinya hati sudah cenderung "di sana" ya? ;) semoga bisa menemukan tempat yang paling nyaman di hati non winy.. :)

 
At 10:48 PM , Blogger Erma said...

disini, disana, dimana-mana

 
At 9:20 AM , Anonymous Fitri said...

untuk apa gaji besar tapi qt g nyaman n ikhlas ada dsna...lbh baik qt nyaman n ikhlas ada d tmpat yg sngt menghargai diri qt apa adanya...^_^

 
At 1:40 PM , Anonymous ngupingers said...

help me http://www.axioooutofthebox.com/aima/viewvote/view_konsep/288

 
At 2:31 AM , Blogger Winy said...

@endang: amin, untukmu juga :)
@bang iwan: iyah bang, saya pake teori maslow: aktualisasi diri...
@mpokb: aduh seneng mpok bisa mampir di sini... :)
@erma: here, there, and everywhere...
@fitri: hai hai fit, nyampe juga di sini, ayo bikin blog juga ^_*

 
At 7:17 PM , Anonymous ngupingers said...

bekerja bekerja dan ikhlas

 
At 9:16 PM , Blogger Alexander San Francisco Gultom said...

Yang harus dikejar di dalam kehidupan duniawi adalah kebahagiaan. Pilihlah yang bisa membuat bahagia..(dunia & akhirat juga dunk)..

 
At 9:21 PM , Blogger Alexander San Francisco Gultom said...

Btw, bonnie pik no "it's gonna rain" no uta wa, mou translete wo shita. (lagu "it's gonna rain nya dah diterjemahkan tuh). Msh butuh ga??

 
At 2:41 AM , Blogger Winy said...

@ngupingers: sudah kerja juga? :)

@alexander: membahagiakan setelah menyelamatkan ;)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home