journal of a learner

one effort to write. one effort to be a lifelong learner

Monday, February 07, 2011

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cara Tradisional

Berlatar belakang problem yang saya alami berupa bekas-bekas jerawat yang bikin geregetan (geregetan..jadinya geregetan..apa yang harus kulakukan..*halah malah nyanyi*), saya coba menelusuri mesin pencari Google nan sakti itu untuk menemukan cara-cara tradisional untuk menghilangkan bekas jerawat. Setelah saya kumpulkan, saya seleksi karena tak semua cara baik untuk dipraktekkan. Misalnya penggunaan bawang putih. Bawang putih bersifat panas dan dapat meninggalkan noda hitam di kulit. Kalau anda masih mau mencoba cara itu, coba dulu pada kulit badan anda. Jika meninggalkan noda kehitaman, lebih baik tak usah diteruskan. Noda itu sulit hilangnya, gawat kan kalau ada di wajah? ;) Nah, hasil seleksi itu saya unggah di sini, siapa tau ada di antara teman-teman yang membutuhkannya. Saya baru akan mencoba cara-cara ini, jadi jangan tanya hasilnya pada saya ya..Semoga bermanfaat.

1. Jus Lemon. Peras lemon, oleskan di wajah 2x sehari. Minum jus lemon sehari sekali. (versi Media Indonesia: Jus lemon atau limau segar. Oleskan jus segar tersebut secara langsung ke area bekas jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan beberapa saat hingga meresap, selanjutnya bersihkan dengan air. Lemon berfungsi menyamarkan bekas jerawat yang berwarna kehitaman.)


2. Lidah Buaya. Ambil jel nya dan oleskan di wajah. Buat jus dan minum sehari sekali.
3. Madu. Campur madu dan susu, lalu oleskan di wajah dua kali sehari.
4. Untuk pengobatan dari dalam perbanyak minum jus tomat,wortel,strawberry + brokoli (di-mix)
5. Belimbing wuluh yang ditumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, Lulur ini juga berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar.
6. Cuci dengan air kelapa tua. Setelah kering sendiri, bilas dengan air bersih.
7. Air kelapa dicampur dengan parutan kunyit kemudian rendam selama tiga malam. Setelah direndam, saring rendaman tersebut untuk mendapatkan airnya. Campuran air tersebut bisa digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat dan juga bekas jerawat yang membandel.
8. Pepaya yang sudah dihaluskan bisa dioleskan pada wajah. Biarkan masker mengering selama 15 sampai 20 menit, kemudian dicuci dengan air bersih. Masker pepaya ini bisa membuka pori-pori kulit yang menyumbat dan menghilangkan minyak, serta sel-sel kulit mati dari kulit.
9. Masker timun untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah (lakukan setiap hari)
10. Air beras, selain berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat, juga berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Basuh muka dengan air basuhan beras. Setelah kering, cuci dengan air bersih. (lakukan setiap hari)
11. Air dari parutan ubi kayu juga sangat berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat (Lakukan setiap hari selama seminggu.)
12. Es Batu: Usapkan es ke permukaan wajah untuk merapatkan pori-pori sehingga pertikel-partikel luar penyebab jerawat tidak masuk ke dalam kulit.
13. Irisan Tomat: Mengusapkan irisan tomat pada luka bekas jerawat terbukti dapat menghilangkan noda yang mengganggu. Gosok2kan tomat atau timun lalu biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Tomat tidak hanya mengecilkan pori-pori tapi juga menghilangkan komedo dan cocok untuk pengobatan kulit berminyak.



14. Kunyit: Di belahan dunia timur kunyit telah beribu-ribu tahun dikenal sebagai produk kecantikan. Salah satu khasiatnya adalah mengurangi luka bekas jerawat (pupurkan parutannya).
15. Minyak Zaitun: Selain membuat masakan lezat, minyak zaitun juga bisa menghilangkan noda jerawat. Pijat dengan lembut wajah Anda dengan minyak jerawat terutama di bagian yang terdapat noda jerawat.
16. Pasta campuran kayu cendana dan beberapa tetes air mawar. Campuran ini bisa digunakan sebagai facial mask atau dioleskan secara langsung ke area bekas luka selama lebih dari 1 jam. Ada baiknya dipakai pada malam hari. Selanjutnya bersihkan dengan air. Cara ini efektif menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat. (versi lain: oleskan campuran bubuk kayu cendana dan air mawar pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan semalaman lalu bilas dengan air dingin di pagi hari. Tapi jika kulit menjadi kering, cobalah ditambahkan susu dalam ramuan bubuk cendana itu dan gunakan hanya beberapa jam saja, tak perlu semalaman.)
17. Oleskan bubuk kayu cendana yang dibuat pasta pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan semalaman, lalu bilas dengan air dingin di pagi hari.
18. Masker campuran. Campurkan 1 sendok makan krim asam, 1 sendok makan yogurt, satu sendok makan oatmeal, dan beberapa tetes jus lemon. Selanjutnya balurkan campuran ini ke area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit, kemudian cucilah hingga bersih.
19. Masker tomat dan ketimun. Kombinasi kedua bahan ini dinyatakan sangat efektif menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, masker campuran tomat dan ketimun juga bisa mengencangkan pori-pori kulit, sehingga kulit tampak lebih menarik.
20. Minyak lavender. Gosokkan minyak lavender ke area bekas jerawat paling tidak 2 kali sehari. Cara ini dinyatakan efektif menyamarkan bekas jerawat.
21. Putih telur. Ini merupakan salah satu cara paling murah untuk menghilangkan bekas jerawat. Oleskan putih telur ke bekas jerawat dengan menggunakan kapas dan biarkan sepanjang malam. Cara ini selain mencegah munculnya jerawat juga efektif mengatasi bekas jerawat.
22. Jus ketumbar dan tepung kunyit. Campurkan satu sendok teh jus ketumbar dengan sedikit tepung kunyit kemudian balurkan ke area yang terinfeksi. Cara alami ini dinyatakan efektif menghilangkan bekas jerawat.
23. Gunakan madu yang telah dipanaskan sebelumnya. Lalu oleskan ke flek saat masih hangat. Diamkan sekitar 10 menit. Lakukan setiap hari sampai flek benar-benar hilang.
24. Menguapkan wajah: Campurkan mawar dan perasan jeruk lemon pada wadah yang telah berisi air panas, lalu letakkan wajah di atas wadah. Diamkan tiga hingga lima menit, lalu bilas wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori. Air mawar dan lemon dipercaya dapat memudarkan bekas jerawat sekaligus mencerahkan kulit wajah.
25. Pilih minyak vitamin E, lalu terapkan pada daerah bekas jerawat. Lakukan perawatan ini pada malam hari dan diamkan semalaman. Esok paginya, cuci wajah dengan air hangat. (disarankan oleh dermatologist)
26. Putih telur + 1 sendok tepung jagung + minyak zaitun. Ketiganya, aduk secara rata. Gunakan sebagai masker.


27. Tumbuk beberapa batang kulit kayu manis dan jadikan serbuk. Campurkan dengan sedikit air. Sapukan pada bekas jerawat. Lakukan selama seminggu.

Demikian bahan yang dapat saya kumpulkan. Mohon maaf belum mencantumkan sumber-sumber informasinya. Tapi rata-rata bahan tersebut dipublikasi di banyak tempat, jadi saya anggap sudah milik publik. Oke deh..Selamat mencoba! :)

6 Comments:

At 6:43 PM , Anonymous munahnugroho said...

dicoba semua apa salah satu aja ? makasih

 
At 8:27 PM , Blogger Winy said...

kalo aku sih salah satu aja, dari yang palig mudah dulu. kalo cocok ya sudah, kalo ga cocok, coba yang lain. karena alami, gak banyak efek samping mon ;)

 
At 8:51 PM , Anonymous LUKISAN MINIMALIS MURAH said...

Mulai lg nih jerawat absen lg diwajah Q, hhhmmm,,, resep ampuhnya donk :(

Salam super - LUKISAN ABSTRAK MODERN. :)

 
At 6:45 PM , Blogger Sava Samara said...

waiting for...tulisan terbaru...

 
At 8:15 PM , Blogger sebuah kata said...

mbaknya udah nyoba yang mana nuich,, trus berhasil gak????

 
At 4:37 PM , Blogger Ayu Rumrum said...

mentimunnya yg dipakei ampas atau airnya mb?

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home